Harapan kepada Presiden

Catatan serbaneka asrir pasir

Harapan kepada Presiden

Pak Esbeye. Manfa’atkanlah seluruh potensi yang Anda miliki untuk sebesar-besar kesejahteraan rakyat Indonesia. Waktu, tenaga, dana, ilmu, pikiran, kolega, keluarga untuk kemakmuran rakyat banyak. Hendaklah Anda selektif dalam memenuhi undangan/acara/upacara, baik di dalam maupun di luar negeri. Hanya undangan/acara/upacara yang benar-benar langsung berdampak positif bagi kesejahteraan rakyat banyak. Tingkatkan, naikkan, mi’rajkan spirit, semangat kepedulian Anda terhadap rakyat banyak . (Simak Amanat Presiden Soekarno di Istana Negara, tanggal 2 Desember 1964 berjudul : “Temukan Kembali Api Islam”).

Tinggalkanlah nama baik Anda dalam catatan sejarah Indonesia. Selektiflah menempatkan, memakai pembantu Anda yang benar-benar peduli akan kesejahteraan rakyat. Jangan dengarkan, pedulikan suara, bisikan, sanjungan di sekitar Anda. Jangan pedulikan Trias Politica Montesquieu. Jangan biarkan diri Anda terbelenggu oleh pilar demokrasi. Jadilah otoriter yang pedul akan rakyat, despot yang bijak (semacam Frederik II, Katharina II, Jozef II, Aranda, Pombal, dan lain-lain. Demokrasi tak ada kaitannya dengan Republik atau Monarki, dengan Kesatuan atau Federal).

Siang malam yang harus Anda pikirkan, yang harus Anda lakukan adalah hal-hal untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Buanglah konsep pencitraan. Persetan dengan Ttrias Politica. Persetan dengan Citra Diri. Lakukanlah segala cara, system, konsep untuk kesejahteraan rakyat, bukan demi Negara seperti yang diajarkan oleh Nicco Macchiavelli.

“Siang dan malam bagi Muhammad Rasulullah saw digunakan untuk memikirkan urusan-urusan manusia dan masyarakat dan berusaha menyelesaikan dengan seksama dan bijaksana. Itu adalah ibadat yang utama dan usaha untuk taqarrub, mendekatkan diri kepada Allah, yaitu dengan amal kebajikan yang membawa manfaat bagi hidup dan kehidupan manusia dan masyarakat” (Khalid Muhammad Khalid : “Kemanusiaan Muhammad”, Pustaka Progressif, Surabaya, 1984:268).

(written by sicumpaz@gmail.com at BKS1106290600)

Tinggalkan komentar

Filed under catatan serbaneka

Tinggalkan komentar