Kemenangan diikhtiarkan

Kemenangan diikhtiarkan

Renungkan dan pahami ayat-ayat Qur;an. Dengan merenungkan, memahami ayat-ayat Qur:an, diharapkan mudah-mudahan dapat menemukan, memperoleh petunjuk (hudan, hidayah), jalan keluar untuk memecahkan, menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam hidup ini, baik perorangan maupun bermasyarakat, berbangsa, bernegara.

Peribahasa mengatakan “Hidup berakal, mati beriman”. Agar dapat hidup haruslah menggunakan akal, fikiran, perhitungan, ikhtiar, usaha. Segala sesuatu haruslah diusahakan, diupayakan. Kewajiban hanyalah berusaha, berupaya.

Yang membutuhkan pangan, perlu berupaya untuk mendapatkannya. Simaklah seruan Allah yang disampaikan Jibril kepada maryam (ibu nabi isa as) : “Sesungguhnya tuhanmu telah menjadikan anak sungai dibawahmu. Goyangnya pangkal pohon kurma itu ke araahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Man, minum dan bersenang-senang hatilah kamu” (QS Maryam 19:24-26).

Yang membutuhkan pengobatan, perlu berupaya untuk mendapatkannya. Simaklah seruan Allah kepada Nabni Ayub yang lagi sakit : “Hantamkanlah kakimu, inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum” (QS Shad 38:42. Penjelasan, Tafsiran dari QS Shad 41-44 dapat dilihat dalam PANJI MASYARAKAT, No.190, 1 Januari 1976, Penyakit Diabetes dan Kesabaran Nabi Ayub”, oleh T Djamblos BA).

Yang membutuhkan peralatan perang,perlu berupaua untuk mendapatkannya. Simaklah firman Allah dalam QS Anfal 8:59-60 : “Janganlah orang-orang yang kafir itu mengira, bahwa merekaa akan dapat lolos dari kekuasaan allahn. Siapkanlah untuk menghadapi mereka itu kekuatan apa saja yang kamu sanggupi. Dengan persiapan itu kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu. Hasilnya, menang atau kalah, serrahkanlah sepenuhnya kepada ketentuan Allah.

1

Tinggalkan komentar

Filed under catatan serbaneka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s