Terapkan Islam seutuhnya

Terapkan Islam seutuhnya

Islam itu merupakan satu kesatuan yang utuh menyeluruh (syamil, mutakamil, totalitas, integrated). AsySyahid Hasan alBanna dalam bukunya “Majmu’ alRasail” menyebutkan bahwa Islam itu mencakup seluruh bidang kehidupan. Islam itu adalah negara dan tanah air, pemerintahan dan ummat, akhlak dan kekuatan, rahmat dan keadilan, ilmu dan undang-undang, pengetahuan dan pengadilan, kebendaan dan harta kekayaan, usaha dan kejayaan, jihad dan dakwah, militer dan fitrah, akidah yang benar dan ibadah yang sah.
Dalam menata khidupan masyarakat (bangsa, negara), maka Islam itu harus diterapkan seluruhnya secara utuh terpadu (integrated), dan bukan setengah-setengah, sepotong-sepotong. Islam akan membawa masyarakat (bangsa, negara) menuju masyarakat Islami, masyarakat Tauhid, masyarakat IMTAQ, masyarakat Marhamah, masyarakat yang adil makmur (justice and prosperous society), baldatun thaiyibah wa rabbun ghafur, masyarakat liberte_egalite_fraternite, masyarakat amar bil makruf, nahi ‘anil munkar.
Dengan menerapkan Islam seutuhnya, maka segenap masalah sosial, ekonomi, politik, budaya akan diselesaikan secara Islami, apa itu masalah kenakalan remaja, pelecehan seksual, mewabahnya korupsi, kemiskinan, dekadensi moral. Penerapan syari’at Islam itu adalah untuk kepentingan, kemashlahatan semua pihak secara berkeadilan. Penerapan syari’at Islam itu didekati dari semua sisi (sosial, ekonomi, politik, budaya), tidak hanya dari satu sisi, seperti dari sisi fiqih semata, ata dari sisi ‘uruf, buaya semata (Dipetik dari Fajri Mhammad : “Ambil Islam seluruhnya atau tinggalkan sama sekali”, dari Sayid Quthub : “Dirasat Islamiyah”, dalam ALMUSLIMUN, No.289, April 1994, hal 79-83).

Tinggalkan komentar

Filed under catatan serbaneka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s