Berbuat baiklah sebisanya

Berbuat baiklah sebisanya
Setuju atau tidak, mereka telah berbuat, telah menghasilkan sesuatu. Berbuat baiklah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. “Berbuatlah sepenuh kemampuanmu” (QS 6:135, 11:93, 39:39). “Bekerjalah kamu, maka Allah dan RasulNya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu” (QS 9:105). Jangan pedulikan kritikan, kecaman, bahkan cacian, makian sekalipun.
Berjuanglah sekuat tenaga mempertahankan iman dan islam yang dimiliki agar supaya jangan terlepas dari diri. Ada pihak-pihak yang senantiasa berupaya mengerogoti iman dan islam yang dimiliki itu. “Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman” (QS 2:109). “Mereka kaum musyrik) tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka dapat mengembalikan kamu dari agamu kepada kekafiran” (QS 2:217). “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti agama mereka” (QS 2:129). “Khannas yang terdiri dari golongan jin dan manusia gemar membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia” (simak QS 114:4-6). “Ada masanya Orang yang berpegang pada sunnahku – kata Rasulullah – di kala terdapat perbedaan di antara umatku (umat Islam) bagaikan menggenggam bara api” (HR Hakim, Tirmidzi dari Ibnu Mas’ud ra).
Mohon perlindunganlah kepada Allah dari bahaya isu yang disebarkan, ditiupkan, dihembuskan oleh khannas tersebut. Dan bertawakkallah kepada Allah, semoga Allah memperkokoh iman dan islam itu di dalam diri, dan semoga dapat hidup dalam suasana aman, tenteram, damai, sejahtera, adil, mamur. “Dia (Allah)lah yang telah menurunkan ketenteraman ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah” (QS 48:4). “— lalu (Allah) menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat waktunya” (QS 48:18).
Berbuat baiklah secara ikhlash. Ikhlash berarti tidak syirik, tidak mempersekutukan Allah dengan yang lain. Ikhlas juga berarti tidak ria, tidak pamer terhadap manusia.
Berupayalah agar seantiasa mengingat Allah, mensyukuri pemberian Allah, mematuhi perintah Allah. Mohon pertolonganlah kepada Allah agar memilik kemampuan mengingat Allah, mensyukuri pemberian Allah, mematuhi perintah Allah. Mudah-mudahan Allah mengabulkan permohonan.
(BKS0806271300)
posted by Kami Menggugat at 8:55 PM

Tinggalkan komentar

Filed under catatan serbaneka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s