Penyampaian dam pemahaman ajaran Islam

Penyampaian dan pemahaman ajaran Islam

Ajaran Islam itu haruslah disampaikan secara berkesinambungan, sambung menyambung secara terus menerus, dari satu angkatan ke angkatan sesudahnya.Sampaikanlah dari ajaranku walaupun hanya satu ayat” (Simak HR Bukhari dari Abdullah bin Amru bin Ash).

Aakalanya seseorang yang mendengatrkan ajaran Islam (sabda Rasulullah) lebih paham (lebih faqih) dari pada yang menyampaikannya tentang hukum. Seorang Muslim tak akan berkhianat (berlaku curang/culas), ghulluw) selama ia ikhlas, beramal karena Allah, memberi nasehat kepada sesame Muslim, senantiasa setia berjama’ah. Seruan/ajakan mereka berkesinambungan dengan angkatan/generasi sebelum mereka> (Simak HR Sufyan bin ‘Uyainah dari Abdul Malik bin ‘Umair dari Abdurrahman bin Abdullah bin Ma’ud dari ayahnya, dalam “ArRisalah” Imam Syafi’I, tentang Keabsahan Hadits Khabar alWahid”; “AlHadits sebagai Sumber Hukum” Dr Musthafa AsSiba’I, mengenai “Dalil-Dalil tentang penggnaan khabar ahad sebagai hujjah”; juga riwayat Tirmidzi dalam “Riadhus Shalihin” Imam Nawawi, pasal “Ilmu Pengetahuan”.

Meskipun berasal dari sumber yang sama, sama-sama dari Kitabullah dan Sunnah Rasulullah, namun pemahamannya bisa berbeda-beda, bahkan bisa bertolak belakang. Abidzar AlGhafari, Abu Darda memandang bahwa hak milik itu hanya sebatas yang harus dimakan, diminum, dipakai, didiami, sedangkan selebihnya adalah milik bersama yang harus dibagi-bagi untuk kepentingan bersama. Namun Usman bin Affan, Mu’awiyah bin Abi Sufyan, Zubeir bin Awam, Thalhah bin Adullah, Abdurrahman bin Auf, Sa’ad bin Abi Waqas, Zaid bin Tsabit, Miqdad bin Aswad, Ja’la bin umayyah memandang bahwa hak milik itu atas semua kekayaan asalkan dikeluarkan zakatnya, tak terkena ancaman ayat QS 9:34. (Simak antara lain ZA Ahmad : “Dasar-Dasar Ekonomi Dalam Islam”, Antara, Djakarta, 1952:58-59, “Religius Sosialisme Yang Pertama).

(written by sicumpaz@gmail.com in sicumpas.wordpress.com as Asrir at BKS 1101241600)

Tinggalkan komentar

Filed under Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s