Belajar memhami akar masalah

Belajar memahami akar masalah

Sesuai dengan ilmu yang dimilikinya, seseorang merancang, mendesign, membuat, menciptakan sesatu menurut kemampuan, keinginan, kehendaknya. Bila terjadi penyimpangan, kegagalan, maka hal tersebut disebabkan oleh karena tak sesuai dngan ilu yang dimilikinya.

Allah itu Maha Kuasa, Maha Mengetahui. Sesuai dengan ilmuNya, Allah merancang, mendesign, menciptakan sesuatu menurut kudrat, iradatNya. Bila terjadi hal-hal yang tak sesuai dengan iradatNya, maka hal tersebut di sebabkan oleh apa ?

Allah menciptakan jin dan manusia dengan kehendak-iradatNya adalah untuk mengabdi, menta’ati perintahNya. Bila yang terjadi banyak jin dan manusia yang duraka, membangkang terhadap Allah, maka hal tersebut disebabkan oleh apa ?

Kata Allah : “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan spaya mereka menyembahKu” (QS 51:51). “Dan manusia aalah selalu tidak berterima kasih” (QS 17:27). Di berbagai ayat lain diseutkan bahwa manusia itu kufur, zalim, jidal, thaga, suka membantah, suka membangkang.

Allah itu Maha Pemurah, Maha Adil. Apa beda antara adil dan zalim ? disebutkan bahwa semua amalan hamba itu milik Allah, karena dia itu hambaNya yang dpekerakan dalam perintah tuannya, jiwanya milik Allah, amalannya juga milik Allah. Dia (hmaba) tidak punya hak akan pahala atau balasannya. Si hamba itu hanya melaksanakan tugas sebagai hamba. Seandainya Allah tidak membernya pahala, maka ini tidak zhalim (Mansur bin Abdul Aziz AlUjayyah : “Taman Orang yang FDicintai”, 2001:22, dari Ibnu Qayyim AlJauziyah : “AshShawa’iq AlMursalah ‘alal Jahiliyah wal Mu’aththilah”). Mengikuti alur piker ini, muncul pertanyaan : bagamana wujud keadilan tuan terhadap habanya. Bagaimana keadilan Tuhan terhadap hambaNya ? Apa beda antara ta’at dan durhaka ? Untuk apa beribadah itu ?

Allah Maha Kuasa. Berkuasa mutlak. Pemberi kuasa. Penguasa. Manusia penerima kuasa. Berkuasa nisbi. Bertanggungjawab kepaa pemberi kuasa. Mempertanggungjawabkan mandate/amanah/tugas yang diberikan oleh penguasa, oleh pemberi kuasa.

(written by sicumpaz@gmail.com in sicumpas.wordpress.com as Asrir at BKS1101020530)

Tinggalkan komentar

Filed under Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s