Wacana pemindahan Ibukota RI

Wacana Ibukota Negara Indnesia

Kini muncul wacana pemindahan ibukota Negara Indnesia dari Jakarta ke kota lain. Sebelum ini muncul usulan agar ibukota Negara Indonesia dipindahkan ke kota Pangkaraya atau Jayapura. Bahkan dalam perjalanan sejarahnya, kota Yogyakarta perna jadi ibukota Negara ndonesia. Ada ang lupa dalam sejarah, bahwa kota Bukittnggi juga pernah jadi ibukota Negara Indonesia. Juga lupa bahwa Mr As’at pernah jadi Presiden Negara Indonesia.

Dalam wacana ibukota Negara Indonesia, Sutan Bathuguna dari Demokrat mengingnkan ibukota agar dipindahkan ke Jonggol. Kata Ryas Rasyid, Bung karno lebih skaPalangkaraya. Kata Sukmawati Soekarno putrid, maunya Bapak di kota Bogor ssaja. Kata Des Alwi, tahun 1953, Maluku yang disebut dulu (Simak RAKYAT MERDEKA, Kamis, 15 Nvember 2007, haaman 4).

Jika seandanya Sumatera Barat dijadkan sebagai Daerah Khusus Ibukota maka disana sudah ada istana yang dapat dignakan sebagai tempat kerja dan tempat tinggal Presiden. Ada lapangan dara tertaraf internasioal. Ada sejumlah perantoran yang dapat diguakan sebagai tempat kementerian. Juga yang dapat digunakan sebaga ruang siding anggota MPR/DPR. Barangkali Sumatera Barat dapat dijadikan salah satu alternatif untuk pemindahan ibukota yang sudah semaraut ini.

(Asrir Bs1007300630)

Tinggalkan komentar

Filed under Culture

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s