Menuju Islam Kaffah

Islam Kaffah

Sekali-kali janganlah diakui ada satu peraturan lain yang lebih baik dari peraturan Islam (Prof Dr Hamka : “Tafsir AlAzhar”, juzuk II, 1983:173, re tafsiran ayat QS 2:208). Belumlah “masul Islam keseluruhannya”, kalau masih belum menurut peraturan AlQur:an. Cukup hanya mengakui Isam sat-satuny aturan hukum.

Semakin tertanam keyakinan bahwa hukum Islam itu lebih baik dari yang lain, maka akan semakin gencar tuduhan, tudingan sebagai teroris. Semua tersangka, tertuduh teroris yang tertangkap, terbuhuh adalah ang punya keyakinan bahwa ukum Islam itu lebih baik dari yang lain dan punya keinginan, kemauan untuk menegakkan hukum Islam itu secara nyata.

Islam sama seali harus tampil nyata berbeda dengan non-Islam. Simak antara lain “Perbedaan antara Seorang Muslim dan Serang Kafir” dalam “Dasar-Dasar Islam” (Fndamentals of Islam) oleh Abul A’la Maududi.

Rocker Hari Mukti lebih ngakngikngok dari Elvis Presly. Tampil di panggung/pentas jingkrak-jingkrak bagai cacing kepanasan. Menjelang usia 40 tauan, ia mengakiri dnia artis, dan mlai menggeluti dunia dakwah sampai kini, ikut terlibat dalam pembinaan berbagai taklim.

Pada tayangan kuliah Ramadhan d televise disaksikan para pendakwah yang senang dielilingi oleh para artis, para selebwritisw. Parapendakwah ini tampl sebagai artis, seleberitis. Pendakwah Hari Mukti tampil menjauhi artis, seleberitis.

“Dan tinggaanlah orang-orang yang mejadkan agama mereka sebagai manmain dan sendagurau, dan mereka telah ditipu le keidupa dunia” (QS 6:70)..

“Apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah dikar dan diolok-olokan oleh orang-rang afir, maka janganlah kamu dudu bersama mereka, seingga mereka memaski pembicaraan yang lain. Sesngghna kalau kamu berbuat demikian, tentulah kamu serupa denga mereka” (QS 4:140; simak juga QS 6:68).

Pendidikan Islam Kaffah bisa saja antaralain memanfa’atkan cerpen, novel, roan, fetures, snetron, flm, musik, danlain-lain sebagainya. Buah karya tersebut benar-benar sebagai media dawah, mendakwahkan Islam Kaffah. Sosok Islam Kaffah dapat disimak, diamati dari sosok parasahabat Rasulullah.

Perilaku Seorang Muslim

Seorang Mslim bersahadat, mengaku bahwa “Tak ada Tuhan selain Allah” (QS 3:18), bahwa “Muhammad Rasul/Utusan Allah” (QS 3:144). Mengaku bahwa “tak ada hukum/undang-undang ang lebih baik dari hukum/undang-undang Allah” (QS 6:57). Tidak bermesraan, bergabung, bersamasaa dengan yang mengolok-olokkan, mempermainan, melecehkan, memusuhi Islam (QS 58:22).

Seorang Muslim menolak berhukum dengan hukum thagut (QS 4:60;5:50). Seorang Muslim tak mengakuiyangmenolak sarit Islam sebagai ulil amri (QS 5:57). Seorang Muslim tampil nyata berbeda sama sekali dengan yang bukan Muslim, dalam segala segi, baik dalam beretika, bersopan santn, bermu’amalah, bermasyarakat, berbangsa, bernegara (QS 4:140).

Seorang Muslim bersyahadat, mengaku bawa tidak ada yang berkuasa, berdalat atas dirinya kecal llah. Bahwa tidak ada hukum yang pantas atas dirinya kecuali hukum Allah. Tida tunduk, tidak path kepada perntah/undang-undang/hukum ang diluar perntah Alla. Tidak terikat kepada adapt, kebiasaan ang menentang kebenaran. Seorang Muslim menolak segala sesuatu di luar Allah (Abul A’la lMaududi : “Metoda Revolusi Islam”, 1983:64-65; “Dasar-Dasar Isa”, 1984:58-59).

Seorang Muslim meakukan shaat, saum, zakat, haji pada waktunya, mengikuti tuntunan aQuran dan Sunnah. Seorang Muslm menikah, berkeluarga sesuai dengan tuntunan alQur:an dan unnah. Seorang Msim bermu’amaah, bertransaksaki, berinteraksi sesuai dengan tntunan alQr:an dan Sunnah. Seorang Mslim bergaul sesuai dengan tntunan alQur:an da Sunnah. Pedoman idup seorang Muslim hanyalah alQur:an dan Sunnah.

(Asrir BKS1005161400)

Tinggalkan komentar

Filed under Islam, Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s