Hiduk di dunia mithos

Hidup di dunia mithos (dulu dan kini)

Manusia, di mana pun dan kapan pun, hidup dalam dunia mitos (serba mitikal). Di kalangan tradisional, dianggap, dipercayai bahwa bahaya dapat dihindari, ditolak dengan ruwatan, petung, sesajen. Acaranya adalah tolak bala. Begitu pula bahwa keselamatan dapat diraih dengan melakukan ruwatan, petung, sesaen.

Di kalangan orang modern, dianggap, dipercayai bahwa konflik-konflik sosial (baik konflik horizontal, maupun konflik vertikal) dapat diatasi, diselesaikan dengan resep mujarab, konsep warisan Revolusi Perancis : Liberte, Egalite, Fraternite, Emansipasi, Demokrasi. Bahkan krisis sosial ekonomi dapat diatasi, diselesaikan dengen resep mujarab, konsep warsan Revolusi Industri Kapitalis : Liberaisasi Ekonomi, Perdagangan Bebas, Investasi Modal Asing, Upah Murah, Pemiskinan Global.

Tak ada bedanya antara yang tradisional dan yang modern. Sama-sama tak menggunakan nalar, rasio. Hanya semata-mata menggunakan emosi, nafsu yang dipoles sedemikian rupa, sehingga tampak sangat rasional.

Amerika Serikat yang merasa sebagai negara paling demokratis, malah menyelesaikan persoalan dunia dengan senjata, bukan dengan otak (diplomasi). Begitu pula dalam investasi modal. Keuntungan investor (pemodal) jauh lebih besar dari yang diterima oleh buruh (pekerja).

(BKS0901290720)

Tinggalkan komentar

Filed under Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s