Kenapa Indonesia tetap saja semakin tertinggal ?

Imam kami

Imam kami

 

Setiap orang, kumpulan (society), negara mengkonsumsi hasil produksi berbagai orang, kumpulan, negara. “We can not stand alone”. Tak satu pun negara yang siap dengan “autarki”. Setiap negara takut dengan “embargo dan blokade ekonomi”, termasuk Indonesia. Bagaimana mengatasi kemelut ini (lingkaran setan) secasra realistis ? Dengan pendidikan ?

Sudah lelbih lima puluh tahun tumbuh marak berkembang beraneka ragam Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta, lengkap dengan perpustakaan dan laboratoriumnya, serta beraneka ragam lembaga riset, penelitian. Bahkan sudah ratusan ribu (jutaan barangkali ?) pakar dari berbagai disiplin ilmu, baik lulusan dalan negeri, maupun luar negeri. Namun Indonesia, tetap saja semakin tertinggal berpacu dengan negara maju, baik ekonomi, IPTEK, sarana militer. Di mana salahnya ?

Sebaliknya Jepang yang lebih lima puluh tahun yang lalu hancur berantakan, kini tampil di depan memimpin ekonomi, IPTEK sebagai negara maju. Kenapa bisa terjadi demikian ? Apa yang bisa dijadikan “kambing hitam” sebagai faktor penyebab Indonesia tetap saja semakin tertinggal dari negara maju ? Apa yang bisa dibanggakan Indonesia, baik pada masa Orla, maupun pada masa Orba ? (Bks 26-5-98)

 

Tinggalkan komentar

Filed under Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s